DESKRIPSI
KEGIATAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN
BAHASA
INGGRIS SMA/MA NEGERI DAN SWASTA
KOTA PROBOLINGGO
________________________________________________________________________________
Hari/Tanggal
Kegiatan : 24 Februari 2016
Tempat : SMA Negeri 1 Probolinggo
Materi
Pembahasan : Improvisasi Pembelajaran Kurikulum 2013
1.
Implementasi
Silabus dalam Prota dan Promes
2. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3. Policy Profesionalisme Guru
Penulis : H. Saiful Bahri, S.Pd, M.Pd
(Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Probolinggo)
Improvisasi dalam pembelajaran merupakan strategi
mutlak yang harus dilakukan oleh guru dalam mengembangkan konsep
profesionalismenya. Banyak hal yang dapat dikualifikasikan untuk meraih
improvisasi tersebut. Tuntutan dan tuntunan akan selalu menjadi bayang-banyang
yang harus dijawab bagi seorang guru ketika akan mentransformasi ilmu
pengetahuan yang dimiliki. Kunci utamanya adalah sangat terletak pada seberapa
jauh guru mampu memahami kompetensi yang melekat pada dirinya. Upaya ini tidak
mudah dicapai apabila tidak diimbangi dengan pematangan konsep dan proses
pengalaman serta jam terbang dalam mengikuti kajian kajian ilmiah.
Eksistensi MGMP sebagai forum ilmiah sangat
dibutuhkan oleh guru dalam rangka peningkatan improvisasi pembelajaran yang
memfasilitasi kebutuhan guru untuk menjawab tantangan. Dinamisasi ilmu
pengetahuan begitu cepat berubah seiring dengan perkembangan zaman. Solusi
bijak untuk menjawab tantangan haruslah akurat dan proporsional. Hadirnya
kurikulum 2013 sebagai jawaban peningkatan kompetensi guru dan siswa sangatlah
tepat adanya, yang mana kurikulum ini dirancang untuk memberikan ruang yang
lebih aktif, kreatif, mandiri, tanggung jawab, respon dan religious pada guru
dan siswa. Formulasi Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI) dan
Kompetensi Dasar (KD) telah menggambarkan tendensi kearah perubahan. Cara
berfikir saintifik dan metakognisi menjadi salah satu indikator centered student.
Oleh karena itu, pada kegiatan MGMP ini dibahas
beberapa main issue sesuai dengan
tahapan program yang dimiliki sebagai program lanjutan (Sustainable Program) dari kegiatan sebelumnya sebagaimana yang
tertuang dalam program kerja MGMP Guru Bahasa Inggris SMA/MA Negeri dan Swasta
Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015. Fokus utama diskusi dititik
beratkan pada Implementasi Silabus ke dalam Program Tahunan (Prota) dan Program
Semester (Promes).
Sebagaimana statemen sebelumnya bahwa urgensi silabus adalah merupakan
rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran yang mencakup kompetensi
inti , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Namun sejauh mana
silabus ini dapat diterjemahkan dan diimplementasikan kedalam Program Tahunan
dan Program Semester maka dibutuhkan suatu linierisasi Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar.
Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran
untuk mencapai tujuan (kompetensi inti dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan
sebagaimana kalender pendidikan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada
dalam kurikulum dapat dicapai oleh siswa. Jangan sampai materi pelajaran atau
jumlah kompetensi dasar yang harus dicapai terlalu banyak tidak sesuai dengan
jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam kurikulum, sehingga pada akhir
pembelajaran menjelang ujian akhir semester guru tidak dapat menyampaikan materi pada siswa
sesuai target sehingga
mengabaikan kualitas pembelajaran.
Menyususn program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang
tersedia untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan penyusunan alokasi waktu
yang telah ditetapkan. Dalam mengembangkan program tahunan ditempuh
langkah-langkah sebagai berikut:
1. Perhatikan berapa jam alokasi waktu untuk setiap mata
pelajaran dalam seminggu dalam struktur kurikulum seperti yang telah ditetapkan
pemerintah.
2. Analisis berapa minggu efektif dalam setiap semester, untuk
menentukan berapa minggu efektif yang tersedia untuk pelaksanaan proses
pembelajaran. Penentuan ini didasarkan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan
kurikulum yang berlaku dan keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.
Rencana program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Program
tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai
kompetensi dasar, sedangkan program semester diarahkan untuk menjawab minggu
keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan.
Untuk membuat program semester perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
3. Tentukan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ingin dicapai
4. Tentukan jumlah alokasi waktu atau jumlah jam pelajaran
setiap KI dan KD disesuaikan
5. Tentukan pada bulan apa dan minggu ke berapa proses pembelajaran KD itu akan dilaksanakan.
5. Tentukan pada bulan apa dan minggu ke berapa proses pembelajaran KD itu akan dilaksanakan.
Dalam kegiatan ini ada beberapa guru
yang ditunjuk sebagai nara sumber untuk mempresentasikan hasil kajiannya.
Kegiatan itu meliputi:
Penyampaian
Materi 1 : Kebijakan umum tentang konsep pembelajaran yang disampaikan oleh Bapak Pengawas Mata Pelajaran Bahasa Inggris : Drs. Agus Sunyoto, M.Pd

Kebijakan yang disampaikan adalah seputar eksistensi guru dalam kegiatan pembejaran yang harus selalu inovatif serta sertifikasi guru sebagai amanah konstitusi. Kewajiban guru untuk mengajar minimal 24 JP sampai 40 JP harus dipenuhi oleh guru dalam satuan pendidikan.
2. Penyampaian Materi 2 : Implementasi Silabus Bahasa Inggris Mata Pelajaran Wajib A ke
dalam Program Tahunan dan Program Semester serta Pemaparan Promes Semester Genap
KD.3.6 sampai 3.11, KD.4.6 sampai KD 4.16 oleh H. Saiful Bahri, S.Pd, M.Pd
Penyampaian Materi 3 :
Penyusunan Program Tahunan Semester Ganjil Dalam Konteks Kompetensi Dasar 3.1 sampai 3.5 dan Kompetensi Dasar 4.1 sampai 4.5 disampaikan oleh: Ibu Reny Windi Astuti, S.Pd (SMAN 3 Probolinggo)
Penyampaian Materi 4 : penyusunan tahunan Semester Genap Dalam Konteks Kompetensi Dasar 3.6 sampai 3.11 dan Kompetensi Dasar 4.6 sampai 4.16 disampaikan oleh: Ibu Ainie Hikmatien, S.Pd (SMAN 2 Probolinggo)
Penyampaian Materi 5 :
Penyusunan Program Semester (Promes) Semester Ganjil Dalam Konteks Kompetensi Dasar 3.1 sampai 3.5 dan Kompetensi Dasar 4.1 sampai 4.5 disampaikan oleh: Saiful Bahar, S.Pd (MAN 2 Probolinggo)

Kegiatan MGMP bahasa Inggris ini terus dikembangkan dan ditingkatkan pada pertemuan
pertemuan berikutnya seiring dengan dinamika pembelajaran. Deskripsi kegiatan setiap minggu akan selalu di update dan dipublish kepada para followers melalui blogspot MGMP bahasa Inggris dengan alamat: musyawarahguru.blogspot.com. Tujuan utama yang ingin dicapai dalam forum ini adalah sharing pendapat guru-guru Indonesia untuk memperoleh improvisasi pembelajaran ke arah yang lebih baik menuju guru profesional. Kegiatan minggu depan akan berbicara seputar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam satu tahun pelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar