Linierisasi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Bahasa Inggris Kelas X Kurikulum 2013
Kompetensi
Dasar (KI 3)
|
Kompetensi
Dasar
(KI 4)
|
Materi Pokok
(Dalam Silabus)
|
3.1 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati
diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana,
untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai dengan konteks.
|
Teks
lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespons
pemaparan jati diri
Fungsi sosial
Menjalin
hubungan dengan pendidik, teman dan orang lain.
Ungkapan
My
name is... I’m ... I live in ... I have … I like …. dan semacamnya
Unsur kebahasaan:
(1) Kata terkait dengan
hubungan kekeluargaan dan kekerabatan, profesi pekerjaan, hobi.
(2) Kata kerja dalam simple present tense: be, have dalam simple present
tense.
(3) Kata tanya What? Who? Which?
(4) Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi.
(5) Rujukan kata.
Topik:
Keteladanan tentang
perilaku terbuka, menghargai perbedaan, perdamaian.
|
3.2. Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuj ibersayap
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.2. Menyusun teks lisan
dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk memuji bersayap (extended) serta responsnya.
Fungsi
sosial:
Menjaga
hubungan interpersonal dengan pendidik, teman dan orang lain.
Ungkapan:
“Excellent! You really did
it well, Tina.” “That’s nice, Anisa. I
really like it.” “It was great. I like it, thank you.”
Unsur
kebahasaan:
Ucapan,
tekanan kata, intonasi.
|
3.3. Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan
perhatian (care), serta responnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.3. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan
perhatian (care),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk menunjukkan perhatian
(care).
Fungsi
sosial:
Menjaga
hubungan interpersonal dengan pendidik, teman dan orang lain.
Ungkapan:
Ungkapan untuk memberi
perhatian dan cara meresponsnya: You
look pale . Are you OK? Not, really. I’ve got a headache.
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan kata,
intonasi.
|
3.4.Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.4. Menyusun teks lisan
dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang
benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis
pernyataan dan pertanyaan tentang niat melakukan sesuatu
Fungsi Sosial:
Menyatakan rencana
Struktur Teks:
I’d like to tell my name. I will tell him
about my job. I’m going to introduce my friend.
Unsur Kebahasaan:
Kata
kerja I’d like to .., I will .., I’m
going to ...; tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
|
3.5. Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat
bersayap, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.5. Menyusun teks lisan
dan tulis untuk mengucapkan dan
merespon ucapan selamat bersayap (extended),
dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dengan memperhatikan tujuan,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk
mengucapkan dan meresponsucapan selamat bersayap (extended).
Fungsi Sosial:
Menjaga
hubungan interpersonal dengan pendidik, teman, dan orang lain.
Struktur
teks:
Ungkapan
baku dari sumber-sumber autentik.
Unsur
kebahasaan:
(1) Kata dan tata bahasa
baku.
(2) Ejaan dan tulisan
tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik:
Keteladanan
tentang perilaku peduli dan cinta damai.
|
3.6. Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada pernyataan dan pertanyaan
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.6. Menyusun teks lisan
dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
|
Tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang
merujuk waktu terjadinya dan yang merujuk pada kesudahannya
(Past Simple dan Present
Perfect Tense)
Fungsi
sosial:
Menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dan yang merujuk pada kesudahannya.
Struktur
teks:
I hollered farewells to my friends and poured myself
into the car.
My friend has already prepared everything.
Unsur kebahasaan:
(1)
Past Simple, Present
Perfect
(2) Tata bahasa, ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang
jelas dan rapi.
Topik:
Berbagai hal terkait dengan
interaksi antara pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran, di
dalam maupun di luar kelas.
|
3.7. Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana
tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
4.8. Menangkap makna dalam
teks deskriptif lisan dan tulis
sederhana.
4.9. Menyunting teks
deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10. Menyusun teks
deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
Teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal.
Fungsi sosial:
Membanggakan,
mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik, mempromosikan, dsb.
Struktur teks:
(1) Penyebutan nama
orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan nama
bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan
(2) Penyebutan sifat
orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan bagiannya, dan
(3) Penyebutan tindakan
dari atau terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan
bersejarah
terkenal.
yang
semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.
Unsur kebahasaan:
(1)
Kata
benda yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal.
(2)
Kata
sifat yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
(3)
Ejaan
dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(4)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
(5)
Rujukan
kata
Topik:
Keteladanan
tentang perilaku toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri.
|
3.8. Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.11. Menangkap makna
pemberitahuan (announcement).
4.12. Menyusun teks tulis
pemberitahuan (announcement),
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks tulis berbentuk announcement (pemberitahuan)
Fungsi sosial:
Memberikan informasi dengan atau tanpa perintah atau
petunjuk yang harus diikuti, untuk memperlancar informasi antara pendidik,
peserta didik, kepala sekolah, dan staf administrasi
Struktur
Teks:
Ungkapan
yang lazim digunakan dalam teks announcement di media massa maupun di internet, secara urut dan
runtut.
Unsur kebahasaan:
Kosa
kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan
tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi.
Multimedia:
Layout, dekorasi, yang membuat
tampilan teks lebih menarik.
|
3.9. Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
4.13.Menangkap
makna dalam teks recount lisan dan
tulis sederhana.
4.14.Menyusun teks recount lisan dan
tulis sederhana tentang pengalaman/ kegiatan/kejadian/peristiwa, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai dengan konteks.
|
Teks recount
lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman /kegiatan/ kejadian/peristiwa.
Fungsi sosial:
Meneladani,
membanggakan, bertindak teratur,
teliti dan disiplin, melaporkan.
Struktur:
a. Menyebutkan tindakan/ peristiwa/kejadian secara
umum
b. Menyebutkan urutan tindakan/ kejadian/peristiwa
secara kronologis, dan runtut.
c. Jika perlu, ada kesimpulan umum.
Unsur
kebahasaan:
(1) Kata-kata terkait
dengan perjuangan hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa lampau.
(2) Penyebutan kata benda.
(3) Ejaan dan tulisan
tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(4) Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
(5) Rujukan kata
Topik:
Keteladanan
tentang perilaku kewirausahaan, daya juang, percaya diri, tanggung jawab,
disiplin.
|
3.9.
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif
sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.15.Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda, sederhana
|
Teks
naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana.
Fungsi sosial:
Meneladani
nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur:
a.
Pengenalan tokoh dan setting.
b.
Komplikasi terhadap tokoh
utama.
c.
Solusi dan akhir cerita.
Unsur
kebahasaan:
(1) Kata-kata
terkait karakter, watak, dan setting
dalam legenda.
(2) Modal auxiliary
verbs.
(4) Ejaan dan tulisan
tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(5) Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
(6) Rujukan kata
Topik:
Keteladanan tentang perilaku
dan nilai-nilai luhur dan budaya.
|
3.11. Menyebutkan fungsi sosial dan unsur
kebahasaan dalam lagu.
|
4.16.Menangkap makna lagu
sederhana.
|
Lagu sederhana
Fungsi
sosial:
Menghibur,
mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur
kebahasaan:
(1) Kata, ungkapan, dan
tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2) Ejaan dan tulisan
tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3) Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik:
Keteladanan
tentang perilaku yang menginspirasi.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar