Cari Blog Ini

Sabtu, 12 April 2014

LINIERISASI KD.3 DAN KD.4 BAHASA INGGRIS KUR.2013



Linierisasi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Bahasa Inggris Kelas X Kurikulum 2013

Kompetensi Dasar (KI 3)
Kompetensi Dasar
 (KI 4)
Materi Pokok (Dalam Silabus)
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.1  Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan jati diri
Fungsi sosial
Menjalin hubungan dengan pendidik, teman dan orang lain.
Ungkapan
My name is... I’m ... I live in ... I have … I like ….  dan semacamnya
Unsur kebahasaan:
(1)   Kata terkait dengan hubungan kekeluargaan dan kekerabatan, profesi pekerjaan, hobi.
(2)   Kata kerja dalam simple present tense: be, have dalam simple present tense.
(3)   Kata tanya What? Who? Which?
(4)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi.
(5)   Rujukan kata.
Topik:
Keteladanan tentang perilaku terbuka, menghargai perbedaan, perdamaian.
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuj ibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks  lisan dan tulis untuk memuji bersayap (extended) serta responsnya.
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan interpersonal dengan pendidik, teman dan orang lain.
Ungkapan:
Excellent! You really did it well, Tina.”  “That’s nice, Anisa. I really like it.” “It was great. I like it, thank you.”

Unsur kebahasaan:
  Ucapan, tekanan kata, intonasi.

3.3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.3. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
Teks  lisan dan tulis untuk menunjukkan perhatian (care).
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan interpersonal dengan pendidik, teman dan orang lain.
Ungkapan:
Ungkapan untuk memberi perhatian dan cara meresponsnya: You look pale . Are you OK? Not, really. I’ve got a headache.
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan kata, intonasi.
3.4.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.4. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan dan tulis pernyataan dan pertanyaan tentang niat melakukan sesuatu
Fungsi Sosial:
    Menyatakan rencana
Struktur Teks:
    I’d like to tell my name. I will tell him about my job. I’m going to introduce my friend.
Unsur Kebahasaan:
   Kata kerja I’d like to .., I will .., I’m going to ...; tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
3.5. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.5. Menyusun teks lisan dan  tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan meresponsucapan selamat bersayap (extended).
Fungsi Sosial:
Menjaga hubungan interpersonal dengan pendidik, teman, dan orang lain.
Struktur teks:
Ungkapan baku dari sumber-sumber autentik.
Unsur kebahasaan:
(1)  Kata dan tata bahasa baku.
(2)  Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik:
Keteladanan tentang perilaku peduli dan cinta damai.

3.6. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada pernyataan dan pertanyaan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.6. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.

Tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau  yang merujuk waktu terjadinya dan yang merujuk pada kesudahannya
(Past Simple dan Present Perfect Tense)
Fungsi sosial:
   Menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan yang merujuk pada kesudahannya.
Struktur teks:
I hollered farewells to my friends and poured myself into the car.
My friend has  already prepared everything.
Unsur kebahasaan:
(1)   Past Simple, Present Perfect
(2)   Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik:
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
3.7.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.


4.8. Menangkap makna dalam teks deskriptif  lisan dan tulis sederhana.
4.9. Menyunting teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10.  Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
Fungsi sosial:
Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik, mempromosikan, dsb.
Struktur teks:
(1)  Penyebutan nama orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan
(2)  Penyebutan sifat orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan bagiannya, dan
(3)  Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan
bersejarah terkenal.
yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.
Unsur kebahasaan:
(1)    Kata benda yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
(2)    Kata sifat yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
(3)    Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(4)    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
(5)    Rujukan kata
Topik:
  Keteladanan tentang perilaku toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri.

3.8.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.11.  Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
4.12.  Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks tulis berbentuk announcement (pemberitahuan)
Fungsi sosial:
Memberikan informasi dengan atau tanpa perintah atau petunjuk yang harus diikuti, untuk memperlancar informasi antara pendidik, peserta didik, kepala sekolah, dan staf administrasi
Struktur Teks:
Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks announcement di media massa maupun di internet, secara urut dan runtut.
Unsur kebahasaan:
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi.
Multimedia:
  Layout, dekorasi, yang membuat   
  tampilan teks lebih menarik.

3.9. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.13.Menangkap makna dalam teks recount lisan dan tulis sederhana.
4.14.Menyusun teks recount lisan dan tulis sederhana tentang pengalaman/ kegiatan/kejadian/peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
 Teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman /kegiatan/ kejadian/peristiwa.
Fungsi sosial:
Meneladani, membanggakan,  bertindak teratur, teliti dan disiplin, melaporkan.
Struktur:
a.  Menyebutkan tindakan/ peristiwa/kejadian secara umum
b.  Menyebutkan urutan tindakan/ kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut.
c.  Jika perlu, ada kesimpulan umum.
Unsur kebahasaan:
(1)  Kata-kata terkait dengan perjuangan hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa lampau.
(2)  Penyebutan kata benda.
(3)  Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(4)  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
(5)   Rujukan kata
Topik:
Keteladanan tentang perilaku kewirausahaan, daya juang, percaya diri, tanggung jawab, disiplin.
3.9.    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.


4.15.Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda, sederhana
Teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana.
Fungsi sosial:
Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur:
a.  Pengenalan tokoh dan setting.
b.  Komplikasi terhadap tokoh utama.
c.  Solusi dan akhir cerita.
Unsur kebahasaan:
(1)    Kata-kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda.
(2)    Modal auxiliary verbs.
(4)    Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(5)    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
(6)    Rujukan kata
Topik:
Keteladanan tentang perilaku dan nilai-nilai luhur dan budaya.
3.11. Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.

4.16.Menangkap makna lagu sederhana.
Lagu sederhana
Fungsi sosial:
Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan:
(1)  Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)  Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik:
Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar